Thursday 1 February 2007

PeRjaLanaN hiDup.......

aku seperti berjalan dalam gelap.. dalam malam-malam yang dingin tanpa cahaya.. seperti bintang di langit di atas sana.. meskipun samar tapi tetap ada.. selalu ada dan semoga akan terus ada.. paling tidak cahayanya sampai dan terasa di hati..

suatu kali aku berjalan dalam terang.. dalam udara yang cukup memanaskan isi kepala.. jalan lurus telah terpampang nyata di depan mata.. hanya belum tahu arah mata angin secara pasti.. masih dicari.. masih perlu pencarian yang lebih hati-hati..

aku telah menentukan tujuan.. dari dulu sekali.. masih dalam kerangka besar bahkan sebelum aku datang ke kota ini.. pun aku telah memilih jalan kebahagiaan dengan bahasaku sendiri.. seperti yang pernah aku ungkapkan pada seseorang yang begitu berarti.. dulu.. lebih dari setahun yang lalu..

di tempat berukuran sekian meter persegi ini aku kembali bercermin.. mencoba mengurai hal-hal yang telah terjadi dalam sekian jangka waktu ini.. dengan berjalan ataukah dengan berlari menggunakan kaki sendiri.. bukan lagi jalan di tempat atau sekedar berhenti.. dan alur yang telah terlewati semoga bukan lagi menjadi kekeliruan tanpa arti..

raga ini masih begitu lemah dan terasa lelah.. masih butuh diistirahatkan sementara waktu.. aku tidak menganggap ini sebagai sakit.. sekali lagi hanya butuh istirahat.. tak perlu lagi merasa lemah..

hati ini masih punya persediaan semangat yang tinggi.. hasil dari usaha memotivasi diri sendiri.. di sisi lain masih ada rasa sepi.. lebih sepi dari biasanya.. dari sebelum-sebelumnya.. sedangkan di sisi lainnya lagi ada rasa rindu yang tertahan.. yang seringkali memaksa untuk diungkapkan.. bukannya ingin mengingkari.. tapi ya, begitulah..
segalanya masih bisa terjadi.. mimpi masih bisa berubah.. keinginan masih bisa berganti.. besok masih memungkinkan turun hujan seperti hari ini.. pun bisa terlihat begitu cerah dengan matahari pagi yang indah..
pada akhirnya.. aku (hanya) ingin hidup dengan cahaya menerangi…

0 comments: