Friday 16 March 2007

Perjalanan Singkat ke LuRagung kuningan jawa barat [mantabs]

sebenarnya ini cerita perjalananku tanggal 04-06 februari 2007. smua berawal dari ide salah satu temanku di dudunk cLuB's, dia ngajak jalan2 ke kampung halamannya di Luragung Kuningan Jawa Barat. tanpa pikir panjang aku langsung meng-iya kan ajakan dia, karena saat itu aku benar2 lagi kesal, BT, mumet, kecewa, putus asa, etc [pokoknya complicated]. jam 16.0x wib aku memberanikan diri untuk minta izin libur kerja selama dua hari. Alhamdullilah my big boss memberi izin libur. aku langsung pulang ke kost utk packing baju dan langsung nelpon temanku untuk nungguin di terminal Pulo Gadung.

Dalam perjalanan dari cikokol tangerang ke Pulo Gadung, aku hanya diam dan coba mengurai setiap kejadian akhir ini. aku merasa seperti melakukan perjalanan dari medan ke pematang siantar [rumah bokap dan mama tiriku]. huhhhh....pikirku itu sudah maza lalu yang tak perlu di ingat lagi. sekarang aku harus bisa menapaki kehidupan sendiri.
Dengan perjalanan selama 2 jam lebih, akhirnya aku sampai juga di kost temanku. setelah ngomong ke sana kemari, dia ngajak sholat Isya sebelum berangkat. kali ini aku gak sholat sendirian, tapi dia jadi imam. [hmmm.....gimana ya rasa jadi imam????? jadi kepengen....]

saat jam dah menunjukkan 22.05 kami berangkat dari kost menuju terminal pulo gadung, kali ini terminalnya dah sepi. saat liat bis yang bertulisan "Luragung Jaya", aku langsung nebak kalo kami akan naik bis itu dan tebakanku gak salah. stelah masuk ke dalam bus, aku ngobrol2 dan tanya2 ma temanku tentang bis yang kami tumpangi. menurutku bus nya mayan bagus dan bersih. selama dalam perjalanan aku ngobrol ngalur ngidul ma temanku, walo akhirnya dia ketiduran juga. hal yang paleng menyebalkan selama dalam bus adalah tukang jualan yang lewat sambil menawarkan dagangannya. tapi kasian juga seh liat mereka karena harus jualan di dalam bis ampe tengah malam geto. krn dah ngantuk banget, aku gak peduli lagi dengan suara berisik dari pedagang yang mondar mandir.< href="http://forum.dudung.net/index.php/topic,2144.0.html">menepuk bahu orang yang di depan kita. awalnya terkejut juga seh liat temanku melakukan itu, aku pikir dia mau menyapa bapak itu [padahal bapak itu dah mulai sholat]. ternyata tidak, itu hanya isyarat agar bapak itu tau bahwa dia jadi Imam untuk kami. doaku dalam mesjid itu "Ya Allah terima kasih atas anugerah-Mu, mudah2an suatu saat aku bisa melaksanakan sholat di sini lagi". setelah keluar dari Mesjid, aku bertanya ama temanku nama Mesjid itu. dia bilang mesjid agung [ hmmm...kayaknya ga deh, ampe sekarang aku masih tetap penasaran apa nama Mesjid itu. aku juga tanya ma bang Tatang, dia juga lupa. padahal abang itu lahir di sana dan gede di sana. truz aku kemaren sempat ngobrol juga ma tukang jualan dkt kantorku, kebetulan dia orang luragung. dia juga lupa. ada yang tau gak euy????????kata bang tatang seh nama Mesjid itu unik]. Abiz tuh temanku ngajak serapan pagi ke pasar dekat Mesjid tadi, katanya itu makanan kesukaan dia sejak kecil. hmmm....jadi penasaran gimana rasa makanannya. dengan sedikit terkejut aku duduk sambil melihat sekelilingku orang lagi menikmati makanan yang ada. nama makanannya kasreng/ngasreng [makanan yang nasi nya di bungkus tapi isi nya dikit banget, truz kita milih sendiri lauknya]. mayan enak........

selesai makan kami nungguin angkot ke rumahnya. mulai pusing deh denger orang bahasa sunda. aku cuma bisa senyam senyum doank ma orang yang menyapa dan menyalam aku [teu ngartos ....wuekhehehe]. dengan melewati beberapa perkampungan, akhirnya nyampe juga di rumah temanku. Dengan ramah bokap dan nyokap temanku menyambut kami. setelah kenalan dengan keluarganya, aku di kenalin sama seorang cewek yang membuat aku Love at the First Sight. senyumnya menggetarkan hati dan tutur sapanya menenangkan jiwa, walo dia menutup auratnya tapi dia tetap kelihatan cantik [gue banget neh cewek...wueukehehehe]. itu cuma beberapa jam saja, karena setelah ngomong panjang lebar, aku juga langsung patah semangat karena ternyata dia dah tunangan dan akan married bulan april nanti. [huhhh....sial banget seh].

hal unik makan disana adalah setiap makan pasti ada yang namanya makanan "GOLONO". dengan senang hati nyokap temanku itu memperkenalkan makanan khas di sana. mayan aneh seh rasa makanan itu cuma mantabs. katanya Golono itu terbuat dari sisa ampas tahu yang di goreng pake tepung. truz ada juga yang cuma di bungkus dalam daun pisang truz di rebus.

selama di sana aku merasa sangat betah dengan suasana perkampungan yang tenang dan damai. benar2 menenangkan jiwa dan pikiran, ditambah lagi dengan penduduk yang ramah dan bersahaja. setiap melakukan sholat, kami selalu ke Musholla dekat rumahnya. hati ini semakin terasa teduh dan tenang. setiap pagi sambil ngopi, aku ngobrol ma bokapnya. mulai cerita tentang kampung Dukuh picung ampe maza2 muda bapak itu. Yang aku ingat dia menasehati ku untuk menjadikan sholat sebagai tiang kehidupan.

waktu serasa begitu cepat berlalu selama dua hari di sana, akhirnya harus kembali lagi ke tangerang........[capewhhh dehhhh]

Perjalanan singkat yang suatu saat pengen kembali lagi ke sana.
[ntar deh gue lengkapi lagi ceritanya....ge BT neh]

1 comments:

Anonymous said...

wah.. kata2 na bagus ya.. kang, saya juga orang kuningan.. asli juga dari luragung.. teman akang luragungnya dmana? abdi mah di cikandangg...
kalo mesjid agung kuningan namanya mesjid syiarul islam.. tapi kalo mesjid agung luragung lupa lagi ni...
smoga sukses kang...
ti www.kuningans.co.cc